Saat ini smartphone menjadi item yang wajib dimiliki. Setiap orang memiliki smartphone. Mereka menggunakannya sepanjang waktu, bahkan sampai ke titik di mana itu tidak penting. Artinya, pengguna smartphone bisa menghabiskan waktu seharian penuh untuk bermain.

Secara umum cara membuat android awet bisa dilakukan dengan cara merawat dan merawat smartphone. Baik secara internal maupun eksternal. Sedangkan cara merawat smartphone Android secara internal bisa dilihat disini. Tips lainnya bisa anda lihat di blog android62.com.

Jangan hanya menggunakan smartphone. Seimbangkan dengan hati-hati agar smartphone awet. Jika smartphone tidak dirawat dapat menyebabkan performanya menurun dan rusak. Sayang jika smartphone rusak, karena rugi besar. Karena itu, lakukan perawatan smartphone sejak dini. Berikut cara merawat smartphone Android agar awet.

Baterai

Sebelum digunakan, pastikan baterai smartphone terisi penuh. Coba isi daya baterai Anda setidaknya 10% tersisa. Hal yang perlu diperhatikan saat mengisi baterai yaitu jangan mengisi baterai saat bermain game, saat pengisian harus dimatikan, gunakan charger asli untuk mengisi baterai dan pastikan untuk mengisi baterai hingga penuh sebelum mencabutnya.

Menggunakan antivirus khusus untuk smartphone

Virus tidak hanya menyerang PC tapi juga bisa masuk ke smartphone. Pasang antivirus di smartphone Anda, ada antivirus khusus yang bisa diunduh sebagai pengaman smartphone. Setelah menginstal antivirus, pindai ponsel cerdas. Antivirus juga harus selalu diupdate agar kinerjanya maksimal.

Instal perangkat lunak aplikasi tepercaya

Jika Anda menginstal software yang tidak dapat diandalkan, hal tersebut dapat menimbulkan dampak negatif seperti kerusakan pada smartphone. Software palsu berpotensi mengandung virus yang dapat merusak smartphone. Oleh karena itu Anda harus berhati-hati jika ada yang menawarkan perangkat lunak tidak memiliki lisensi resmi.

Jaga speaker dan kamera smartphone

Speaker dan kamera smartphone rentan terhadap masalah. Keduanya tidak dapat didekatkan ke air, benda logam, titik tajam, dan medan magnet. Smartphone yang dipegang dekat dengan benda tersebut menjadi mudah rusak dan suara yang dihasilkan tidak bagus lagi.

Untuk kamera smartphone memang harus diberikan perawatan ekstra untuk lensanya. Lensa kamera bisa dibersihkan setiap hari dengan menggunakan kain khusus.

Cadangkan dan pulihkan

Pencadangan dan pemulihan adalah suatu keharusan bagi pengguna smartphone. Anda harus tahu bahwa suatu saat smartphone rusak, kemudian dilakukan perbaikan, setelah perbaikan sebagian data hilang. Pencadangan data dapat disimpan di laptop, flash, hard drive, atau memori smartphone.

Matikan smartphone jika tidak digunakan

Anda tidak boleh membiarkan smartphone menyala terus menerus. Layaknya manusia, smartphone juga butuh istirahat. Tujuannya untuk mematikan smartphone agar komponen-komponennya seperti prosesor, RAM, dan lainnya bisa mendingin. Jika sudah dingin, Anda bisa menggunakannya lagi. Ingatlah untuk menggunakan smartphone dengan bijak, karena menggunakannya secara berlebihan bisa membuat smartphone kamu kepanasan.

Hidupkan ulang smartphone

Restart merupakan salah satu cara merawat smartphone Android agar tidak mudah rusak. Memulai ulang ponsel cerdas dapat membuat jaringan internet dan sistem Android menjadi segar. Hal ini berdampak pada sistem Android bisa berjalan normal.

Itulah cara merawat smartphone Android agar tetap awet. Biasanya perawatan yang dilakukan oleh pengguna smartphone tidak maksimal, padahal perawatannya tidak maksimal sehingga menyebabkan smartphone mudah rusak. Tanda awal kerusakan smartphone adalah seringnya hang, aplikasi tidak merespon, macet, dan mati dengan sendirinya. Segera lakukan service jika hal seperti itu terjadi pada smartphone Anda.

 

Comments are closed.